Senin, 08 Oktober 2012

Karakteristik dalam OOP

Sedikit pengenalan Karakteristik dalam OOP

Alhamdulillah... setelah sekian lama vakum dari blogging akhirnya sekarang saya bisa sedikit ngisi entiran-entrian yang sederhana yang mungkin bisa bermanfaat bagi temen-temen... hehe..

Oke mungkin kita mulai aja kali yah... pertama-tama temen-temen yang membaca mungkin masih ada yang belum tahu apa sih oop itu ?? mungkin kebanyakan yang membaca postingan saya ini sudah expert-expert dalam dunia programming, tapi izinkan saya nubitol yang satu ini sedikit sharing pengetahuan yang saya dapatkan tentang oop itu beserta karakteristiknya.. :D

Menurut mbah Wikipedia temennya mbah Google OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.. jadi OOP itu sangat identik dengan objek dan class yang saling berhubungan satu sama lain.

Karakteristik OOP ada 3 macam, yaitu:
1. Encapsulation
2. Inheritance
3. Polymorphism
mari kita jelajahi satu persatu karakteristik OOP ini... :)

1. Encapsulation
Encapsulation adalah Penggabungan antara field dan method dalam suatu object yang mendukung information hiding. Information hiding disini yang dimaksud adalah penyembunyian informasi tertentu supaya tidak dapat diakses secara langsung.

2. Inheritance
Inheritance adalah pewarisan sifat dari class induk ke class anak dan semua method dapat diwariskan dari class induk ini. di dalam inheritance ini hanya yang public class dan protected class yang dapat diakses oleh anak class. dan class anak pun dapat mengoverride (menulis ulang) method yang ada dalam class induk.

3. Polymorphism
Polymorphism adalah Kemampuan sebuah object untuk melakukan suatu method yang terdapat dalam tipe data atau class lain. Biasanya terdapat dalam hubungan antara class induk dan class anak.

Mungkin sharing tentang karakteristik dalam OOP sampai disini aja.. mudah2an temen2 yang baca jadi terbuka wawasan tentang OOP. semoga bermanfaat. dan kalo ada yang mau ditambahin saya akan menerimanya dengan senang hati.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar